Cara Membuat Screen Capture Desktop

Posted by Muhamad nur Jumat, 23 Desember 2011 0 komentar
Yuk Buat Screen Capture atau Screenshot Desktop Komputer Pribadi. Buat pembaca yang awam dan bingung Cara Membuat Screen Capture dalam keadaan tidak terhubung internet (offline), yuk kita belajar membuat screen capture desktop komputer pribadi. Dalam tutorial ini, temen-temen akan saya ajak belajar teknik membuat screen capture tahap demi tahap menggunakan aplikasi freeware alias gratis diunduh di blantika maya. Perhatikan screenshot di bawah yang saya buat dari desktop komputer pribadi di rumah.
Di blantika maya, ada banyak aplikasi freeware alias unduh gratis  secara bebas. Di antara aplikasi freeware untuk membuat screen capture seperti contoh di atas antara lain: Snippy, Screen Hunter Free, Web Screen Capture, Picpick, Zscreen, Photoscape dan lain-lain. Saya sendiri menggunakan aplikasi Photoscape untuk membuat screen capture desktop.
Photoscape sendiri sesungguhnya sebuah aplikasi gratis untuk memanipulasi foto. Dengan aplikasi ini kita bisa mengedit, menggabungkan, bahkan menambah “sesuatu” dalam sebuah foto. Alasan saya sendiri menggunakan Photoscape di antaranya bersifat gratis, ringan dan familiar saat digunakan.
Salah satu fitur untuk membuat Screen Capture Desktop di Photoscape, yakni “Screen Capture“. Silahkan pembaca unduh aplikasi freeware Photoscape 3.5 di situs resminya http://www.photoscape.org. Setelah diinstal dan dibuka pada komputer pribadi, pembaca akan dihadapkan pada halaman utama aplikasi Photoscape seperti screenshot berikut:
Selanjutnya klik fitur “Screen Capture“. Begitu jendela “Screen Capture” terbuka, tinggal pembaca pilih 1. Capture Full Screen; 2. Capture Window; 3. Capture Region; atau 4. Repeat last capture. Untuk contoh screenshot di atas, saya memilih “Capture Full Screen”. Sedangkan pada pilihan Capture Screen Process, saya memilih Open at Editor Tab. Tak usah khawatir, silakan coba-coba sendiri pilihan-pilihan yang ada. Capture Window, misalnya, berfungsi bila kita hanya akan men-screen bagian-bagian tertentu saja dari suatu bidang garap.
Setelah tahap-tahap yang (semoga saja) jelas itu dilakukan akan muncul hasil sebagaimana screenshot ini:

Lantas “Save“, dan jangan lupa beri titel hasil screen capture tersebut.
***
Tatkala pembaca dalam modus online (tersambung jaringan internet), aplikasi Photoscape dapat pula difungsikan untuk men-screenshot website atau blog yang pembaca sukai. Halaman Facebook teman juga bisa pembaca screenshot dengan aplikasi ini. Tahapannya sama dengan tutorial Cara Membuat Screen Capture Desktop yang telah dijelaskan di atas.
Untuk mengakhiri posting ini, saya contohkan screen capture halaman utama Facebook milik  Saya sendiri (30/10/2011). Di halaman tersebut nampak foto profil dengan dua menu yang sama di bawah foto profil dengan nama yang unik.

0 komentar:

Posting Komentar

Kalo berguna berkomentarlah sobat, atupun komplen silahkan tentang blog ini, blog ini masih dalam pembelajaran...

coment